Berita

Harga Emas Terendah selama 4 Bulan Terakhir

 Harga kontrak emas pada perdagangan Kamis (20/12/2012) waktu setempat merosot ke level terendah sejak Agustus lalu. Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.56 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari terpangkas 1,3 persen menjadi 1.645,90 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Pada transaksi sebelumnya, kontrak yang sama sempat menyentuh 1.636 dollar AS, level terendah sejak 21 Agustus. Sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 5 persen.

Penurunan harga emas terjadi setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi mencatatkan pertumbuhan yang lebih besar ketimbang prediksi pada kuartal lalu. Kondisi ini meredakan ekspektasi bahwa the Federal Reserve akan meningkatkan kebijakan stimulus moneternya.

“Data PDB lebih baik dari prediksi. Sehingga, pemikiran bahwa pemulihan ekonomi akan mengakhiri program quantitative easing yang dilakukan the Fed,” jelas Phil Streible, senior commodity broker RJ O’Brien & Associates di Chicago.

Catatan saja, pertumbuhan ekonomi AS (PDB) naik 3,1 persen pada kuartal III lalu. Angka ini lebih tinggi ketimbang prediksi analis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s