Berita

Output Industri Amerika Serikat Naik lebih dari Perkiraan

Data terbaru AS menunjukan,  Output industri AS naik lebih dari perkiraan di bulan November, mencetak kenaikan paling tajam dalam hampir selama 2 tahun, seiring meningkatnya tingkat produksi dari gangguan akibat badai Sandy.

Tingkat produksi industri berekspansi 1.1% bulan lalu pasca revisi untuk penurunan sebesar 0.7% di bulan Oktober, menurut Federal Reserve pada hari Jumat. Itu merupakan kenaikan paling tajam sejak Desember 2010.

Analis memperkirakan output akan bertambah sebanyak 0.3% bulan lalu setelah turun sebesar 0.4% di bulan Oktober. Fed mengatakan tingkat produksi dipicu oleh pulihnya industri yang terkena badai, begitu juga output kendaraan.

Turunnya harga produk energi berhasil meredakan tekanan inflasi AS. Ini terlihat dari indeks harga konsumen (CPI) tahunan yang tumbuh 1,8% untuk bulan November; lebih rendah dari prediksi 1,9% dan publikasi sebelumnya 2,2%. Tekanan inflasi inti juga melambat dengan Core CPI yang hanya catatkan pertumbuhan 0,1%; lebih rendah dari prediksi dan publikasi Oktober 0,2%.

Melambatnya inflasi tentunya memberikan dukungan bagi Fed yang telah memberikan tambahan stimulus moneter demi menopang pemulihan ekonomi AS. Tingkat inflasi tahunan juga masih lebih rendah dari target Fed sebesar 2% dan tentunya semakin jauh dari batas toleransi Fed 2,5%. Federal Reserve kemarin telah utarakan tidak akan menaikan suku bunga selama inflasi tahunan tidak di atas 2,5%.

(sumber : Rachmat-SeputarForex.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s