Tokoh Trading

Ed Seykota pengembang sistem trading komersial pertama yang berbasiskan komputer

ed seykota

ed seykota

Pada awal tahun 70an, Edward A. Seykota (Ed Seykota) bekerja di salah satu perusahaan pialang terkemuka saat itu dan mengembangkan sistem trading komersial pertama yang berbasiskan komputer. Sistem tersebut digunakan dalam pasar komoditi dan dengan hasil yang cukup mengesankan tapi campur tangan dari perusahaan mengakibatkan turunnya performance tradingnya. Salah satu orang yang menggunakan sistemnya dalam live account dan mulai trading dengan US$ 5,000 (47,5 Juta Rupiah) yang 12 tahun kemudian dananya telah meningkat menjadi US$ 15,000,000 (142,5 Milyar Rupiah). Ed merupakan salah satu pelopor ‘Mechanical Trading‘.

Edward A. Seykota lahir pada 7 Augustus 1946. Seykota memperoleh gelar S.B. dalam Teknik Elektro dari MIT dan Manajemen dari MIT Sloan School of Management, baik pada tahun 1969. Pada tahun 1970 ia merintis perdagangan Sistem dengan menggunakan komputer awal kartu menekan untuk menguji ide-ide tentang perdagangan pasar. Seykota tinggal di Incline Village-Crystal Bay, Nevada, di pantai utara Danau Tahoe.

Sebagian besar keberhasilan Seykota yang disebabkan pembangunan dan pemanfaatan sistem perdagangan terkomputerisasi yang pertama kalinya diuji pada komputer mainframe IBM. Kemudian, broker tempat dia bekerja  mengadopsi sistem itu untuk trading mereka.

Seykota meningkatkan sistem ini dari waktu ke waktu, mengadaptasi sistem untuk sesuai dengan gaya trading dan preferensi. Dengan versi awal dari sistem yang kaku, ia kemudian memperkenalkan aturan lebih lanjut ke dalam sistem di samping memicu pola dan algoritma pengelolaan uang.
Aspek lain dari keberhasilannya adalah cinta yang murni untuk perdagangan dan sikap optimistis. Faktor ini berkelanjutan usahanya untuk terus memperbaiki sistemnya meskipun ia tidak pernah berubah indikator respon dari sistem dan bukannya baik rangsangan pasar disetel.

Meskipun nyaris tidak dikenal baik bagi masyarakat umum maupun komunitas keuangan, namun keberhasilannya dapat membuatnya dikategorikan sebagai salah satu trader terbaik di masanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s