Tips

Menghadapi Kondisi Terburuk dalam Trading

Trading loss

Trading loss

Oke, sebagaimana kita ketahui tidak akan ada trading yang selamanya mulus.. kadang ada saat-saat diluar dugaan yang harus kita hadapi. Nah, tips berikut dapat anda terapkan ketika menghadapi kondisi terburuk dalam trading :

1. Tetap Tenang 

harga tidak sesuai dengan posisi Anda?  transaksi mulai mengalami floating? profit yang sudah didapat tiba-tiba menguap begitu saja? dan Apa perasaan Anda ketika salah pencet tombol buy atau sell? Semua hal yang menyebabkan diri Anda merugi adalah munculnya rasa panik dan timbul rasa takut pada diri Anda. Panik merupakan musuh terbesar yang dialami oleh semua trader. Cara yang paling aman adalah mencoba bersikap tenang. latihlah diri Anda untuk berusaha tenang dalam segala hal, dan latihlah tubuh Anda untuk tidak terpengaruh dengan keadaan.

2. Cut Loss
Dalam trading, loss adalah nyata adanya, sedangkan profit baru didapat setelah Anda mengalami kerugian. Hal ini Anda sadari atau tidak bahwa profit yang Anda dapatkan adalah diawali dari floating karena adanya spread atau komisi. Jika floating terlalu lama akan menyebabkan equity semakin berkurang. Maka langkah yang paling jitu adalah dengan cara cut loss.

Anggap saja loss merupakan biaya trading Anda. Biaya operasional yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan profit. Loss kadang kala tidak bisa dihindari, bila memang kerugian tidak mampu dikendalikan segeralah lakukan cut loss.

Yang penting adalah jangan lakukan cut loss ketika Anda mengalami panik. Lakukan cut loss dimana market telah memberikan sinyal bahwa sudah saatnya trading Anda dilakukan cutt loss. karena jika kepanikan sudah menguasai peraaan maka akan membawa bencana pada trading Anda. Setelah cutt loss dijadikan sebagai pedoman, money management dapat digunakan sebagai patokan.

Bila trading Anda mengalami keuntungan, perasaan akan tetap santai, namun bila mulai berlawanan dengan arah harga biasanya sudah mulai gelisah dan tak tenang. Cobalah untuk berusaha rileks dan santai. Bila memang market tidak sesuai dengan transaksi, cutt loss sangat diperlukan untuk menghindari kerugian, jangan lupa terapkan MM dengan bijak. Dengan menggunakan MM, tidak panik, serta menerapkan cut loss pada perdagangan, berarti Anda sudah siap menghadapi kondisi terburuk di market forex. Good Luck😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s