Berita

Kesepakatan Utang Yunani Menaikan Saham Asia

Pasar saham Asia sebagian besar lebih tinggi pada akhir perdagangan Asia pada Selasa, karena selera untuk aset berisiko diperkuat setelah menteri keuangan zona euro mencapai kesepakatan diperkirakan akan memicu pembayaran yang sangat dibutuhkan bantuan untuk Yunani.

Selama akhir perdagangan Asia, Hong Kong Hang Seng Index melemah 0,2%, Australia Indeks ASX/200 menetap 0,75% lebih tinggi, sementara Jepang Nikkei 225 Index ditutup naik 0,4%.

Menteri keuangan zona Euro, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional mencapai kesepakatan dalam pertemuan yang dibungkus Selasa pagi di Brussels untuk mengurangi utang-target pengurangan Yunani oleh EUR40 miliar menjadi 124% dari produk domestik bruto pada tahun 2020.

Athena juga dibersihkan untuk menerima sangat dibutuhkan EUR34.4 miliar angsuran pinjaman pada bulan Desember, mengurangi kekhawatiran atas default berantakan potensial dan keluar dari zona euro.

Di Tokyo, Nikkei naik tipis untuk memukul penutupan tujuh bulan tinggi, didorong oleh kelemahan yang sedang berlangsung dalam yen, yang diperdagangkan mendekati delapan bulan rendah terhadap dolar AS dan level terendah tujuh bulan terhadap euro.

Pelemahan yen meningkatkan nilai pendapatan luar negeri perusahaan-perusahaan Jepang ketika dipulangkan, meningkatkan prospek pendapatan ekspor.

Yen telah ditimbang oleh spekulasi pemimpin oposisi utama negara itu, Shinzo Abe akan memenangkan pemilihan umum mendatang pada 16 Desember. Abe baru-baru ini menyerukan stimulus moneter lebih agresif dari Bank of Japan.

Sementara itu, saham di Australia naik di belakang keuntungan pada para penambang dan pemberi pinjaman, yang diuntungkan dari suasana pasar optimis.

Pertambangan raksasa BHP Billiton dan Rio Tinto naik 0,55% dan 1% masing-masing, sementara bijih besi Fortescue Metals Group produsen naik 1,3%.

Besar bangsa empat bank yang semua lebih tinggi, dengan 1 nomor pemberi pinjaman Australia, Commonwealth Bank of Australia menambahkan 0,2%, ANZ Banking Group naik 1% dan National Australia Bank naik 0,55%.

Di tempat lain, saham di Hong Kong melawan tren regional, terbebani oleh kerugian di Cina daratan, di mana pasar jatuh ke intraday empat tahun rendah.

Penurunan terjadi meski data yang dirilis sebelumnya oleh Biro Nasional Statistik menunjukkan keuntungan industri Cina naik 20,5% pada bulan Oktober dari tahun sebelumnya, jauh lebih kuat dibandingkan dengan kenaikan 7,8% pada bulan September.

Ke depan, saham berjangka pasar Eropa menunjuk lebih tinggi terbuka, setelah kesepakatan pada target utang baru untuk Yunani diumumkan.

The EURO STOXX 50 berjangka menunjuk keuntungan sebesar 0,75% pada pembukaan, indeks CAC 40 Prancis berjangka naik 0,7%, FTSE 100 London naik 0,5% berjangka, sementara DAX Jerman berjangka menunjuk keuntungan sebesar 0,6%.

Kemudian pada hari itu, AS adalah untuk rilis data resmi pada pesanan barang tahan lama, serta data industri pada inflasi harga rumah.

Selain itu, Conference Board adalah untuk mempublikasikan data kepercayaan konsumen AS, sementara Ketua Federal Reserve Ben Bernanke adalah untuk memberikan sambutan singkat di National College Fed Final Challenge, di Washington DC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s