Berita

Gold Futures setelah Kesepakatan Utang Yunani

Emas berjangka yang stabil selama jam pagi Eropa pada Selasa, perdagangan mendekati enam minggu tertinggi sesi sebelumnya setelah euro-menteri keuangan zona mencapai kesepakatan untuk melepaskan tahap berikutnya dari dana bailout ke Yunani.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Februari diperdagangkan pada USD1, 752,75 per troy ounce selama perdagangan pagi di Eropa, sedikit berubah pada hari itu.

Harga diperdagangkan dalam kisaran ketat antara USD1, 750,95 per troy ounce, rendah harian dan sesi tinggi USD1, 754,15 per troy ounce. Futures menyentuh level tertinggi enam minggu dari USD1, 754,65 per troy ounce pada hari Senin.

Harga emas kemungkinan besar akan mencari support di USD1, 720,25 per troy ounce, rendah dari November 21 dan resistance pada USD1,, 774,95 tinggi dari Oktober 12.

Menteri keuangan zona Euro, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional mencapai kesepakatan dalam pertemuan yang dibungkus Selasa pagi di Brussels untuk mengurangi utang-target pengurangan Yunani oleh EUR40 miliar menjadi 124% dari produk domestik bruto pada tahun 2020.

Langkah-langkah lain termasuk perpanjangan jatuh tempo pinjaman, pemotongan suku bunga bahwa Yunani membayar pada pinjaman dari mitra internasionalnya, serta pembelian kembali utang.

Athena juga dibersihkan untuk menerima sangat dibutuhkan EUR34.4 miliar angsuran pinjaman pada bulan Desember, mengurangi kekhawatiran atas default jangka pendek berantakan dan keluar potensial dari zona euro.

Eurogroup Ketua Jean-Claude Juncker mengatakan zona euro menteri secara resmi akan menyetujui pembebasan dari pembayaran bantuan pada tanggal 13 Desember.

Namun, pelaku pasar tetap berhati-hati karena perjanjian terbaru tidak menawarkan resolusi mendasar untuk krisis utang zona euro.

Sementara itu, pasar peserta terus memantau perkembangan seputar “tebing fiskal” menjulang di Amerika Serikat, sekitar USD600 miliar pada kenaikan pajak dan pemotongan belanja otomatis karena mulai berlaku pada tanggal 1 Januari.

Republik di Kongres AS pada Senin menyerukan Presiden Barack Obama untuk detail jangka panjang pemotongan belanja untuk membantu mengatasi krisis fiskal negara itu, sambil memegang teguh terhadap kenaikan tingkat pajak penghasilan bagi orang kaya yang mencari Demokrat.

Ada kekhawatiran ekonomi AS akan jatuh kembali ke dalam resesi, kecuali Kongres dibagi dan Gedung Putih dapat bekerja keluar kompromi dalam tujuh minggu tersisa sebelum batas waktu 1 Januari.

Di tempat lain di Comex, perak untuk pengiriman Desember turun 0,1% untuk perdagangan di USD34.20 per troy ounce, sementara tembaga untuk pengiriman Desember naik 0,2% diperdagangkan pada USD3.555 pon.

(sumber : forexpros.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s