Story

Faktor-faktor dalam Fundamental

Sebelum kita kembali membahas data-data yang digunakan dalam analisis fundamental, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu faktor apa yang berpengaruh dalam Fundamental itu sendiri. Singkatnya fundamental adalah kebenaran umum akan faktor-faktor global pada suatu negara atau wilayah yang dampaknya dapat mempengaruhi pergerakan harga mata uang, baik mata uang negaranya sendiri maupun negara lain.

Secara garis besar ada empat faktor yang mempengaruhi Fundamental :

1. Faktor Politik

Keadaan politik suatu Negara  dapat dijadikan sebagai salah satu referensi atau indikator dalam memprediksi pergerakan nilai tukar mata uang negara/wilayah tersebut. Keadaan politik seringkali mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dihasilkan oleh pemerintah. (Kebijakan yang berbau politis tentunya). Kebijakan tersebut pada nantinya akan sangat mempengaruhi keadaan pasar domestik. Kebijakan tersebut pula lah yang secara tidak langsung dapat menentukan masuk/keluarnya investor, baik lokal maupun asing, dari bursa/pasar negara yang bersangkutan. Namun, adakalanya keadaan politis tidak berdampak apa-apa terhadap pergerakan nilai tukar suatu mata uang.

2. Faktor Keuangan

Sehat atau tidaknya keadaan pasar suatu negara bermula dari kebijakan moneter dan fiskal negara tersebut. Keadaan keuangan suatu negara akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan moneter dan fiskal yang ditetapkan pemerintahnya. Kebijakan moneter dan fiskal yang tidak tepat akan berdampak signifikan terhadap keadaan ekonomi dalam negeri. Misalnya saja penetapan tingkat suku bunga (interest rate). Tingkat suku bunga suatu negara merupakan tolok ukur nilai tukar mata uang negara yang bersangkutan. Tingkat suku bunga yang tinggi biasanya akan diikuti dengan penguatan nilai tukar mata uangnya. Dalam memperhitungkan dan menetapkan tingkat suku bunga, pemerintah sudah menyertakan unsur atau variabel seperti tingkat inflasi di dalamnya. Nah, dari tingkat inflasinya saja kita sudah bisa mengetahui apakah suatu negara yang bersangkutan memiliki keadaan pasar domestik yang sehat atau tidak.

3. Faktor Eksternal
Pada era-era terdahulu, mungkin faktor eksternal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang suatu negara. Namun, ketika sudah memasuki era global, yang mana para investor, fund manager, dan hadge funds tidak lagi menaruh modalnya di satu negara saja melainkan meluas hingga ke berbagai negara, faktor ini menjadi sangat mempengaruhi keadaan pasar domestik suatu negara/wilayah. Perubahan keadaan ekonomi suatu negara/wilayah dapat membawa dampak yang beragam pada negara lain. Ini dikarenakan perputaran modal, perubahan arus kas, dan perpindahan portofolio yang dilakukan para investor tadi.

4. Faktor Ekonomi

ini adalah faktor terpenting dalam fundamental merupakan gambaran keseluruhan dari semua faktor fundamental yang ada. Semua faktor yang sudah disebutkan tadi akan tergambar ke dalam keadaan ekonomi suatu negara/wilayah. Selain itu, faktor ekonomi mengandung semua unsur penting dalam fundamental khususnya dari sektor ekonomi.

Nah, data-data analisis yang kita bahas sebelumnya (dan akan kita bahas lagi di postingan berikutnya) merupakan data yang digunakan berdasarkan faktor ekonomi suatu negara.

Jadi,sebagai trader kita tidak asal saja untung-untungan seperti dalam judi, banyak hal yang diperhitungkan sehingga membedakan trading dengan judi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s