Trading

Data – Data pendukung Analisis Fundamental I

Seperti yang sudah dijabarkan dalam prinsip analisis fundamental salah satu dari prinsip yang digunakan adalah sumber informasi. Berikut adalah beberapa sumber informasi yang biasa digunakan untuk analisis fundamental :

  • Average Earning Index (AEI atau biasa disebut Average Earning saja) : Berita ekonomi ini biasanya dikeluarkan oleh Inggris dan Kanada. AEI memberikan informasi pendapatan para pekerja dan hubungannya dengan tingkat inflasi melalui indikator fundamental lainnya yang disebut RPI (Retail Prices Index). Bila AEI mengalami kenaikan lebih cepat dibandingkan RPI maka ini adalah indikasi bahwa upah mengalami kenaikan lebih cepat dibandingkan kenaikan harga barang. Hal ini baik bagi perekonomian sebuah negara namun dampak negatifnya adalah naiknya tingkat inflasi. Pada forex trading apabila inflasi mengalami kenaikan maka mata uang cenderung akan menguat. Dikarenakan ekspetasi meningkatnya suku bunga. Dengan demikian dapat disimpulkan bila AEI mengalami kenaikan, maka mata uang akan naik juga. AEI tergolong high volatility expected indicator.
  • Chicago PMI : Ini adalah indikator fundamental khusus yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat. ChicagoPMI (atau PMI saja) memberikan informasi naik atau turunnya tingkat pengeluaran pada purchasing manager di kota Chicago yang banyak diantaranya merupakan industri manufaktur. Naiknya indikator ini merupakan indikasi menguatnya mata uang USD. PMI (purchasing Manager’s Index) tergolong high volatility expected indicator.

Masih banyak data lain yang digunakan dalam analisis fundamental, nantikan di postingan selanjutnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s