Trading

Prinsip Analisis Fundamental

Analisis Fundamental mempunyai beberapa prinsip yang diterapkan, Prinsip ini nantinya untuk mengetahui seberapa penting informasi yang kita dapatkan untuk digunakan dalam mengambil keputusan. Beberapa faktor akan sangat berpengaruh terhadap nilai fluktasi mata uang. . Segala informasi kadang-kadang juga hingga hal-hal yang tidak rasional harus dikumpulkan, guna dijadikan alat untuk memprediksi pergerakan index saham. Pada intinya, informasi tersebut akan mempengaruhi supply dan demand atas index saham suatu negara.

Berikut Prinsip-prinsip analisis fundamental :

  1. Reaksi berantai. Semakin besar dampak berantai suatu informasi, semakin besar pengaruhnya terhadap nilai index saham.
  2. Jarak informasi. Semakin dekat informasi dengan suatu index saham, semakin besar pengaruh informasi tersebut. Misalnya, informasi yang berasal dari dalam negeri indonesia akan lebih besar pengaruhnya terhadap nilai IHSG dibanding informasi dari luar negeri. Demikian sebaliknya, informasi dari luar negri akan lebih besar pengaruhnya terhadap nilai mata uang negri itu sendiri
  3. Sumber berita. Semakin resmi sumber berita, semakin kuat pengaruhnya terhadap nilai index saham.
  4. Jenis berita. Berita ekonomi lebih kuat pengaruhnya terhadap index saham suatu negara dibanding berita lainnya, seperti politik, sosial atau budaya.

Metode melakukan analisis fundamental adalah dengan terus-menerus meng-update informasi yang ada. Mengenai media informasi tersebut tergantung, ketersediaan yang ada di tempat kita. Namun untuk trading index saham, informasi ini akan selalu tersedia di menu news. Postingan berikutnya akan membahas beberapa data yang bisa digunakan untuk analisis fundamental, tetap di tipstrading.wordpress.com🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s