Trading

Apa itu Analisis Fundamental?

analisa fundamental

analisa fundamental

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas Analisis Teknikal beserta indikator-indikator yang digunakan. Nah sekarang kita akan membahas saudaranya, yaitu si Analisis Fundamental. Berdasarkan informasi dari wikipedia,  Analisis fundamental adalah metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan. Teknis ini menitik beratkan pada rasio finansial dan kejadian – kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Sebagian pakar berpendapat teknik analisis fundamental lebih cocok untuk membuat keputusan dalam memilihsaham perusahaan mana yang dibeli untuk jangka panjang. analisis fundamental dibagi dalam tiga tahapan analisa yaitu analisis ekonomi, analisis industri, dan analisis perusahaan.

Dasar penganalisisan secara Fundamental adalah informasi/berita (news) yang berasal dari :

    • Instansi Resmi / Pemerintah
    • Media cetak / elektronik
    • Perorangan

Data-data fundamental yang akan kita gali kali ini adalah data-data dari Amerika Serikat. Apa sebabnya? itu karena kondisi perekonomian pemilik 50 negara bagian tersebut sangat bisa mempengaruhi keadaan perekonomian negara-negara lain di dunia.

Sesuai dengan sumbernya, maka metode fundamental bersifat subyektif, tergantung derajat kepercayaan Investor/ konsultan kepada sumber berita tersebut.

Jika kita menggunakan gabungan antara analisis teknikal dan analisis fundamental tentu akan lebih maksimal dalam mengambil keputusan didalam trading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s