Indikator

On Balance Volume

On Balance Volume Indikator

On Balance Volume Indikator

On Balance Volume dapat di temukan di menu, insert  > indikator > volume. On balance Volume berhubungan dengan volume dan perubahan harga. OBV dianggap sebagai indikator yang cukup sederhana. Jika harga penutupan candle bar lebih tinggi dari candle bar sebelumnya maka volume candle bar ditambahkan ke volume candle bar sebelumnya; jika harga penutupan candle bar lebih rendah dari harga penutupan candle bar sebelumnya, maka volume candle bar dikurangi dengan candle bar sebelumnya.

OBV dikatakan dalam kondisi tren naik adalah ketika setiap puncak (peak) harga yang baru lebih tinggi dari yang sebelumnya dan ketika setiap lembah yang baru lebih rendah dari sebelumnya. Sebaliknya, dikatakan tren jatuh, adalah ketika berturut-turut mengalami penurunan puncak dan lembah. OBV dikatakan dalam kondisi sideway adalah pada saat tidak membuat gerakan berturut-turut (high dan low), ini adalah dimana tren pasar tidak bisa didefinisikan.

Jika suatu tren berhenti dan tetap berada diposisi yang sama (istirahat). Kondisi ini bisa dikarenakan: pertama, ketika terjadi perubahan tren, naik ke turun dan sebaliknya.

Kedua, OBV ragu-ragu hingga lebih dari 3 periode. Jadi, jika setelah terjadi perubahan uptrend OBV ragu-ragu dan berlangsung hingga 2 (dua) hari lalu kembali ke arah uptrend, maka OBV dianggap sebagai uptrend untuk periode ini.

Ketika tren OBV berubah arah, baik itu naik atau turun, akan terjadi “breakout” . Biasanya hal ini terjadi untuk mengingatkan mengenai suatu break harga dan investor disarankan untuk menahan posisi transaksi jangka panjang jika OBV break keatas dan sell ketika OBV break kebawah. Posisi yang terbuka harus ditahan hingga tren berubah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s