Indikator

Menggunakan dan Membaca Stochastic Oscillators

Di dalam meta trader kita dapat menemukan Stochastic Oscillators pada menu insert > indikator > Oscillators. Stochastic merupakan indikator yang sangat sensitif. Karena sifatnya ini, indikator ini populer di kalangan trader, namun tidak cocok untuk investor, atau trader yang memiliki time horizon panjang.

Stochastic Oscillators

Stochastic Oscillators

Indikator Stochastic Oscillator membandingkan harga penutupan saat ini dengan kisaran harga pada periode tertentu. Indikator diindikasikan dengan dua garis. Garis utama dinamakan %K. Dan yang kedua, %D, yang adalah MA (moving average) %K. Garis %K biasanya diindikasikan sebagai garis yang lebih tegas dan garis %D biasanya ditampilkan sebagai grafik titik. (lihat gambar)

Ada tiga macam tipe Stochastic Oscillators : fast, slow, dan full. biasanya yang paling sering dipakai adalah Stochastic Fast and Slow. Namun kebanyakan trader lebih menyukai Stochastic Slow karena lebih mudah dibaca.

Sekarang kita hanya akan membahas tentang stochastic Slow. ada tiga parameter yang ada di Stochastic Slow, yaitu %K period, %D period, dan Slowing. Nilai standar masing-masing parameter tersebut adalah 5,3, dan 3.

Cara penggunaan Stochastic Slow cukup mudah. Ada dua prinsip yang perlu diketahui :

  1. Nilai Stochastic di atas 80 dikatakan overbought (kemungkinan akan terjadi perubahan trend menjadi bearish). Nilai Stochastic di atas 20 dikatakan oversold (kemungkinan akan terjadi perubahan trend menjadi bullish). Perlu diingat bahwa sinyal ini kadang tidak 100% tepat. Suatu mata uang harganya sudah overbought, dan nilai Stochastic sudah diatas 80, kemungkinan masih bisa naik lagi. Demikian juga sebaliknya.
  2. Sinyal beli dan jual juga bisa dilihat dari garis %K dan %D. Jika %K memotong %D ke atas, berarti sinyal beli. Sedangkan bila %K memotong %D ke atas, berarti sinyal beli. Sedangkan bila %K memotong %D ke bawah berarti sinyal jual.

 Stochastic dikembangkan oleh George C. Lane di akhir 1950an. Stochastic Oscillator adalah indikator yang menunjukkan lokasi harga penutupan terakhir dibandingkan dengan range harga terendah/tertinggi selama periode waktu tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s