Indikator

Momentum, Indikator Pengukur perubahan harga

Untuk mengukur perubahan harga kita dapat menggunakan Momentum. Momentum adalah indikator yang mengukur perubahan harga selama periode waktu tertentu. Momentum dihitung sebagai rasio terhadap harga dalam periode tertentu. Beli jika indikator mencapai dasar dan jual jika indikator mencapai puncak. Untuk membantu menentukan sinyal beli atau jual, biasanya indikator ini dikombinasikan dengan Moving Average.

Momentum Indikator

Momentum Indikator

Selain untuk mengukur perubahan harga momentum dapat juga digunakan sebagai trend following oscillator, hampir sama dengan Moving Average Convergence/Divergence MACD. Sebuah signal untuk buy ketika indikator Momentum membentuk lembah dan akan terus naik. Signal sell terjadi ketika indikator Momentum membentuk puncak dan berbalik arah kebawah. Untuk perhitungan lebih tepat digunakan short moving average.

Kelanjutan dari kecenderungan ini ditentukan jika indikator Momentum berada diposisi paling tinggi atau sangat rendah. Jika indikator ini menyentuh nilai tertinggi dan kemudian berbalik arah kebawah, diprediksi harga akan naik. Tapi, dalam hal apapun, jangan terburu-buru untuk membuka posisi (/menutup) hingga pergerakan harga dibuktikan dengan signal indikator.

 Sebagai indikator lending. Metode ini didasarkan pada anggapan bahwa fase akhir dari uptrend biasanya disertai dengan kenaikan harga yang tinggi (karena semua orang percaya pada kelanjutannya) dan penyelesaian pasar bullish dengan jatuhnya harga yang cepat (karena semua orang mencoba untuk meninggalkan pasar).

Ketika pasar ditutup diatas dengan disertai break yang cepat dari indikator Momentum. Lalu indikator mulai jatuh sementara harga terus naik dan bergerak horizontal. Dan pada saat kondisi pasar berada di bottom, jatuhnya Momentum tiba-tiba, kemudian berbalik arah keatas sebelum harga mulai naik. Dua keadaan ini menyebabkan terjadinya perbedaan antara indikator dan harga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s