Indikator

Cara Menggunakan Indikator Ichimoku Kinkyo Hyo

Ichimoku Kinkyo Hyo adalah indikator yang digunakan untukmenentukan arah trend, menentukan level support dan resistance, dan memberikan sinyal jual dan beli. Indikator ini paling cocok untuk digunakan pada chart harian dan mingguan. Ichimoku Kinkyo Hyo diciptakan oleh Goichi Hosoda seorang jurnalis dari jepang yang memiliki nama pena Ichimoku sanjin. Dalam bahasa jepang sendiri Ichimoku Kinkyo Hyo berarti Grafik kesemimbangan sepintas lalu.

Ichimoku Kinkyo Hyo

Ichimoku Kinkyo Hyo

Cara menggunakan ichimoku kinkyo hyo adalah sebagai berikut :

  1. Kijun-sen digunakan untuk mengetahui trend yang sedang terjadi. Bila harga berada diatas Kijun-sen, maka trend bersifat bullish. sedangkan bila harga di bawah Kijun-sen, maka trend yang terjadi adalah bearish. Anda dapat menganggap kijun sen ini sebagai moving average.
  2. Tenkan-sen juga digunakan untuk mengetahui apakah market sedang trending atau trading. Jika garis tenkan sen bergerak naik atau turun berarti pasar bersifat trending. Jika tenkan sen mendatar berarti pasar sedang tidak memiliki trend
  3. Tenkan-sen digunakan untuk menentukan sinyal jual atau beli. bila tenkan-sen memotong kijun-sen dari bawah keatas maka diperoleh sinyal beli. sedangkan bila tenkan sen memotong kijun sen dari atas ke bawah diperoleh sinyal jual.
  4. area yang diarsir (diapit oleh dua garis Senkou) dinamakan Kumo (awan). Jika harga berada di antara awan, maka pasar dapat dianggap tidak memiliki trend yang kuat. Karena itu area awan tersebut dapat digunakan sebagai level support dan resistance.
  5. jika harga berada diatas awan, garis atas yang membentuk awan menjadi level support pertama. sedangkan garis lain menjadi level support kedua
  6. jika harga berada di bawah awan, garis bawah yang membentuk awan menjadi level resistance pertama, sedangkan garis lainnya menjadi level resistance kedua.
  7. garis Chinkou span juga dapat digunakan sebagai sinyal beli atau jual. Jika garis chinkou span memotong grafik harga dari bawah ke atas maka diperoleh sinyal beli. sedangkan bila sebaliknya memotong dari atas ke bawah didapatkan sinyal jual

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s